Rabu, 10 November 2010


- JAVA (bahasa pemrograman) -

0
    JAVA adalah bahasa pemrograman yang awalnya dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (yang sekarang merupakan anak perusahaan dari Oracle Corporation ) dan dirilis pada tahun 1995 sebagai komponen inti dari Sun Microsystems ' platform Java . Bahasa berasal banyak yang sintaks dari C dan C + + namun memiliki lebih sederhana model object dan lebih sedikit tingkat rendah fasilitas. aplikasi Java biasanya disusun untuk bytecode ( file class ) yang dapat berjalan pada Java Virtual Machine (JVM) terlepas dari arsitektur komputer . Java adalah, tujuan umum bersamaan, berbasis kelas, bahasa berorientasi objek yang khusus dirancang untuk memiliki sebagai dependensi pelaksanaan sesedikit mungkin. Hal ini dimaksudkan untuk membiarkan pengembang aplikasi "tulis sekali, jalankan di mana saja". Java saat ini salah satu bahasa pemrograman paling populer digunakan, dan digunakan secara luas dari perangkat lunak aplikasi untuk aplikasi web.

    Asli dan implementasi referensi Java kompiler , mesin virtual, dan perpustakaan kelas tersebut dikembangkan oleh Sun dari 1995. Pada Mei 2007, sesuai dengan spesifikasi dari Java Community Process , Sun mengganti lisensi Jawa sebagian besar teknologi di bawah GNU General Public License . Juga telah mengembangkan implementasi alternatif teknologi ini Sun, seperti Compiler GNU untuk Java , GNU Classpath , dan Dalvik .

SEJARAH
    James Gosling , Mike Sheridan, dan Patrick Naughton memulai proyek bahasa Jawa pada bulan Juni 1991. Jawa awalnya dirancang untuk televisi interaktif, tapi terlalu maju. bahasa mulanya disebut Oak setelah pohon ek yang berdiri luar kantor Gosling, ia pergi dengan Green nama kemudian, dan kemudian berganti nama menjadi Jawa, dari daftar kata-kata acak. Gosling bertujuan untuk mengimplementasikan mesin virtual dan bahasa yang memiliki akrab C / C + + gaya notasi.
    Sun Microsystems merilis pelaksanaan publik pertama sebagai Jawa 1,0 pada tahun 1995. Ia berjanji " Tulis Sekali, Run Anywhere "(Wora), tidak memberikan biaya berjalan-kali pada populer platform . Cukup aman dan menampilkan keamanan dikonfigurasi, maka diperbolehkan jaringan dan pembatasan akses file. Web browser Mayor segera memasukkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Java applet dalam halaman web, dan Jawa dengan cepat menjadi populer. Dengan munculnya Java 2 (dirilis awalnya sebagai J2SE 1.2 pada bulan Desember 1998-1999), versi baru telah dibangun beberapa konfigurasi untuk berbagai jenis platform. Sebagai contoh, J2EE ditargetkan aplikasi perusahaan dan-down versi J2ME dilucuti sangat untuk aplikasi mobile (Mobile Java) yang ditunjuk. J2SE Edisi Standar. In 2006, Pada tahun 2006, untuk tujuan pemasaran, Sun berganti nama menjadi versi J2 baru sebagai Java EE , Java ME , dan Java SE , masing-masing.
    Pada tahun 1997, Sun Microsystems mendekati ISO / IEC JTC1 badan standar dan kemudian Ecma International untuk merumuskan Jawa, tetapi segera menarik diri dari proses. Jawa tetap menjadi de facto standar, dikendalikan melalui Java Community Process . Pada suatu waktu, Sun membuat sebagian besar Jawa implementasi yang tersedia tanpa biaya, meskipun mereka perangkat lunak berpemilik status. Matahari menghasilkan pendapatan dari Jawa melalui penjualan lisensi untuk produk khusus seperti Java Enterprise System. Dia membedakan antara perusahaan Software Development Kit (SDK) dan Runtime Environment (JRE), perbedaan utama melibatkan JRE's kurang dari kompiler, program utilitas, dan file header.
    Pada tanggal 13 November 2006, Sun merilis banyak dari Jawa sebagai perangkat lunak open source dibawah ketentuan dari GNU General Public License (GPL). Pada tanggal 8 Mei 2007, Sun menyelesaikan proses ini, membuat semua kode yang tersedia Java inti dalam perangkat lunak bebas / open-source ketentuan distribusi, selain sebagian kecil kode yang Sun tidak memegang hak cipta. [17]
Wakil presiden Rich Green mengatakan bahwa peran itu Sun ideal berkaitan dengan Java adalah sebagai "penginjil."
Setelah Oracle Corporation akuisisi 'dari Sun Microsystems di 2009-2010, Oracle menggambarkan dirinya sebagai "pelayan teknologi Java dengan komitmen tanpa henti untuk membina masyarakat partisipasi dan transparansi".

VERSI AWAL
    Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
•    java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
•    java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
•    java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
•    java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
•    java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
•    java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

0 komentar:

Posting Komentar